Rute Menuju Pantai Parangtritis yang Paling Mudah

Posted on

Pantai Parangtritis menjadi destinasi wisata yang terkenal di kalangan para wisatawan. Akses jalan dan rute menuju Pantai Parangtritis sangatlah mudah.

Medan jalannya pun luas dan landai, sehingga aman dan nyaman untuk Anda lewati. Tak butuh waktu lama untuk sampai ke pantai ini dari kota Yogyakarta, kurang lebih hanya butuh 1 jam perjalanan.

Pantai ini sangat terkenal dengan legenda dan mitosnya tentang Nyi Roro Kidul. Memiliki pemandangan alam yang indah, dari laut hingga hamparan pasir pantainya.

Tak hanya itu, banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan. Seperti, bermain air, menyusuri pantai dengan delman, kuda, jeep, atau ATV, bermain layang-layang dan aktivitas seru lainnya.

Rute Menuju Pantai Parangtritis
Rute Menuju Pantai Parangtritis, Foto: anekatempatwisata.com

Rute Menuju Pantai Parangtritis, Mudah dan Nyaman

Pantai Parangtritis terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari pusat Kota Yogyakarta kurang lebih 27 kilometer.

Akses jalan ke pantai ini tergolong mudah dan dapat dijangkau dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan. Mulai dari kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, maupun kendaraan umum seperti bus pariwisata.

Jika Anda dari arah Kota Yogyakarta, silahkan langsung saja ke arah Jokteng Timur. Setelah itu, menuju Jalan Parangtritis.

Anda hanya perlu berjalan lurus mengikuti jalur ke arah selatan. Kemudian, Anda akan melewati ringroad, lurus terus ke arah selatan hingga Manding.

Ketika Anda sudah sampai di Manding, berarti sebentar lagi sampai kawasan Pantai Parangtritis. Selama perjalan dari Manding ke Pantai Parangtritis Anda dapat merasakan suasana pantai.

Anda bisa menggunakan transportasi umum dari Malioboro ke Parangtritis menggunakan Bus Trans Jogja. Atau, Anda juga bisa melalui rute 3A dari Terminal Giwangan ke Malioboro.

Harga Tiket Masuk

Selain rute menuju Pantai Parangtritis yang mudah, kelebihan lain dari pantai ini adalah memiliki harga tiket masuk yang terjangkau. Biaya retribusinya Rp 10.000 per orang, sedangkan untuk parkir roda dua Rp2.000, dan roda empat Rp 5.000.

Jika Anda ingin mencoba ATV, jeep, delman, atau berkuda, juga ada biaya sewanya sendiri. Untuk sewa ATV Rp 50.000 per 15 menit sedangkan sewa delman Rp 20.000 per putaran.

Jam Operasional

Pantai ini dibuka untuk umum selama 24 jam dari Senin sampai Minggu. Waktu terbaik untuk berkunjung pagi hari karena tidak terlalu terik dan suasana pantai yang segar atau sore hari karena Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam.

Fasilitas

Pantai Parangtritis memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut antara lain seperti mushola, lahan parkir, warung makan, toilet, dan fasilitas lainnya.

Liburan Anda akan semakin seru jika berkunjung bersama keluarga ataupun teman dekat. Ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda kunjungi untuk mengabadikan momen bersama.

Meskipun rute menuju Pantai Parangtritis terbilang mudah, selalu berhati-hatilah saat berkendara. Jaga sopan santun, kebersihan dan tak lupa menerapkan protokol kesehatan.