Sarana Hiburan yang Disukai Wisatawan di Pantai Parangtritis Jogja

Posted on

Pantai Parangtritis Yogyakarta menawarkan sejumlah sarana hiburan yang disukai wisatawan ketika berkunjung ke destinasi wisata bahari ini. Seperti yang kita tahu, Pantai Parangtritis ini adalah salah satu pantai pesisir selatan yang cukup populer di Kota Jogja. Pamornya yang sudah mendunia tidak lepas dari sejarah pantai ini yang sangat melegenda yakni Nyi Roro Kidul.

Ya, keberadaan mitos yang beredar nyatanya tidak menjadikan para pengunjung tung untuk datang ke pantai di Yogyakarta tersebut. Sebaliknya, setiap tahunnya selalu ada peningkatan jumlah wisatawan yang datang. Apalagi, letaknya yang cukup strategis, lantaran dekat dengan wisata pantai yang lain, seperti Parangkusumo, Depok, Baron, Nglambor, maupun Sadranan.

sarana hiburan yang disukai wisatawan
pinterest.com

Apa Saja Sarana Hiburan yang Disukai Wisatawan di Pantai Parangtritis Jogja

Para wisatawan yang mengunjungi Pantai Parangtritis Yogyakarta ini bukan hanya sekadar bermain air di pinggiran pantainya. Akan tetapi juga menikmati beragam wahana hiburan seru bareng keluarga.

Berikut ini merupakan beberapa sarana hiburan di Pantai Parangtritis yang banyak digemari oleh para pengunjung pada saat mereka menghabiskan waktu berlibur di pantai paling ternama di Selatan Kota Jogja tersebut.

Jeep Wisata

Sarana hiburan yang disukai wisatawan saat berkunjung ke Pantai Parangtritis Yogyakarta yang pertama adalah jeep wisata. Ya, jeep wisata ini mempunyai rute menjelajah di tepian Pantai Parangtritis. Untuk bisa menikmati suasana pantai dengan menaiki jeep wisata ini, pengunjung akan dikenakan tarif seharga kira-kira 350 ribu rupiah sampai dengan 500 ribu rupiah.

Tarif tersebut tergantung pada jarak yang diinginkan oleh wisatawan. Untuk daya tampungnya, jeep wisata ini mampu memuat maksimal 6 orang termasuk sopir.

Naik Andong

Selain menjelajah tepi Pantai Parangtritis naik jeep wisata, pengunjung juga bisa menaiki andong. Umumnya, para pengunjung naik andong ini sembari menyusuri sepanjang pesisir pantai selatan tersebut. Tersedia dua pilihan arah, yaitu dari barat ke timur atau timur ke barat.

Adapun untuk tarif ongkos naik andong ini lebih murah daripada menaiki jeep wisata, yaitu berkisar antara 50 ribu rupiah dan Rp 100 ribu saja. Perbedaan kedua tarif harga tersebut hanya pada jarak tempuhnya saja dan juga bolak-balik ke tempat naik atau titik semula. Untuk andong ini hanya mampu mengakut 2 wisatawan saja.

Menaiki ATV

Masih dengan aktivitas mengekspor tepi Pantai Parangtritis Jogja, para pengunjung juga bisa menaiki kendaraan ATV dengan 2 pilihan ukuran dan juga harga. Untuk kendaraan roda 4 yang ukurannya kecil hanya muat satu orang saja. Sementara itu ATV yang berukuran besar bisa dipakai oleh 2 wisatawan dengan berboncengan. Jika Anda tertarik untuk menjajah pinggir pantai dengan naik ATV ini, Anda perlu merogoh kocek Rp 50.000 dan Rp 100.000 saja. Murah, bukan?

Paralayang

Sarana hiburan yang disukai wisatawan di Pantai Parangtritis Jogja lainnya adalah paralayang. Ya, untuk para pengunjung yang suka menikmati panorama dari ketinggian, maka Anda wajib menjajal naik paralayang ini. Nah, supaya bisa memakai sarana wisata yang bakal menantang adrenalin ini, wisatawan perlu mempersiapkan dana kira-kira 300 ribu rupiah.

Surfing (Berselancar)

Untuk aktivitas seru yang satu ini khusus untuk kalangan yang sudah profesional, ya! Pasalnya, gelombang laut selatan di Pantai Parangtritis Yogyakarta ini terbilang cukup besar. Dengan begitu, sangat beresiko apabila yang melakukan surfing merupakan peselancar yang belum terlatih.

Duduk Santai di Tepi Pantai

Duduk bersantai di pinggiran pantai sambil menikmati deburan ombak dan angin yang sepoi-sepoi merupakan kegiatan seru yang tidak memakan banyak biaya. Ya, sarana hiburan yang disukai wisatawan di pantai satu ini adalah cukup dengan duduk santai di tepi pantai dan menikmati panorama. Apabila Anda ingin menyewa tikar sebagai alas duduk, cukup dengan membayar Rp 25.000 saja. Orang-orang yang menyewakan tikar dan payung biasanya berdekatan dengan penjaja es degan. Apabila ingin minum degan segar, tebus dengan harga Rp 15.000 per buahnya!