Cara ke Parangtritis dari Malioboro, begini yang Aman

Posted on

Mengisi hari libur dengan pergi ke Malioboro merupakan kegiatan yang sangat asik. Namun saat berapa di tempat ini, Anda berpikir cara ke Parangtritis dari Malioboro. Pantai Parangtritis merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak peminatnya.

Cara ke Parangtritis dari Malioboro
pixabay.com

Begini Cara ke Parangtritis dari Malioboro

Dari Malioboro Anda ingin pergi ke Parangtritis dengan menggunakan kendaraan umum. Anda bisa memulainya dengan menaiki Trans Jogja Trayek atau rute 3A. Sebelumnya Anda akan dibawa menuju terminal Giwangan.

Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk menaiki bus dengan jurusan Parangtritis. Selain rute untuk pergi ke Parangtritis, Anda juga dapat menuju Pantai Parang Kusumo, Rumah Tembi, Gumuk Pasir, dan beberapa objek wisata yang terdapat di sekitarnya.

Namun jika akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, Anda bisa mengikuti rute berikut ini. Dari Jalan Malioboro Anda langsung menuju ke selatan sampai bertemu dengan perempatan Kantor Pos Besar Jogja.

Selanjutnya Anda ambil arah yang berbelok ke kiri menuju Taman Pintar. Kemudian dari Taman Pintar tersebut dengan jarak sekitar 300 meter akan sampai perempatan lampu merah. Lalu ambil kanan yang menuju Jalan Brigjen Katamso.

Pada penghujung Jalan Brigjen Katamso terdapat lampu merah lalu ambil lurus. Perempatan itu sering disebut pojok beteng wetan. Kemudian ambil lurus untuk menuju Parangtritis, lalu ikuti hingga perempatan ringroad dan ambil lurus arah pantai.

Tips Aman ke Parangtritis

Selain cara ke Parangtritis dari Malioboro, Admin juga akan membagikan beberapa tips. Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan dari Malioboro menuju Pantai Parangtritis dengan menggunakan kendaraan umum, sebaiknya sampai terminal sebelum pukul 17.00 (jam 5 sore). Jika Anda sampai terlambat maka anda harus naik taksi atau ojek online dari Parangtriti.

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan roda dua maupun roda empat, kurangi kecepatan saat perjalanan. Sebab sepanjang rute menuju Parangtritis sangat ramai bahkan terdapat juga sepeda gowes yang memenuhi jalan.

Wisata Sekitar Pantai Parangtritis

Sangat sayang jika Anda hanya berkunjung ke Parangtritis sebab ada beberapa tempat wisata sekitar pantai ini yang tak kalah menarik.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi setelah Parangtritis. Gumuk Pasir Parangkusumo adalah penampakan bukit pasir tipe Barchan. Bukit pasir ini terbuat secara alami dari hembusan angin Pantai Selatan.

Selain itu, bukit pasir ini seperti di tengah padang pasir Timur Tengah. Sangat cocok untuk spot foto. Selanjutnya Bukit Paralayang Watugupit yang dapat Anda gunakan untuk menikmati proses matahari tenggelam. Selain itu, Anda bisa menikmati pemandangan dari atas bukit seperti pantai selatan dan luas Samudra Hindia.

Selain 2 tempat wisata tersebut masih banyak lagi tempat wisata lain seperti Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai depok, Pemandian Air Panas Parang Wedang, Taman Bunga Matahari Pantai Samas, Goa Langse, Goa Jepang, dan masih banyak lainnya.

Cukup mudah, bukan, cara ke Parangtritis dari Malioboro? Nikmati hari akhir pekan bersama keluarga, sahabat, maupun pasangan, agar liburan Anda lebih berkesan.