Terkenal Punya Ombak Ganas, Serunya Surfing di Pantai Parangtritis!

Posted on

Surfing di Pantai Parangtritis menjadi salah satu aktivitas seru yang dapat Anda lakukan jika berkunjung. Anda bisa mencoba menaklukan ombak dan menantang adrenalin dengan bermain surfing di salah satu pantai legendaris ini.

Pantai Parangtritis terletak di Yogyakarta dan menjadi salah satu destinasi wisata alam bahari paling terkenal. Dengan pemandangan yang elok, Parangtritis juga terkenal dengan ombaknya yang ganas.

Terkenal Punya Ombak Ganas, Serunya Surfing di Pantai Parangtritis!
id.pinterest.com

Surfing di Pantai Parangtritis, Seru dan Menegangkan!

Berselancar atau yang lebih terkenal dengan istilah surfing menjadi salah satu kegiatan olahraga ekstrim terbaik. Olahraga air ini sangat menarik karena sangat menantang.

Selama ini mungkin pantai sebagai tempat surfing yang terkenal banyak berasal dari Bali. Padahal, tidak perlu jauh-jauh Anda bisa merasakan sensasi surfing di pulau Jawa, tepatnya di Pantai Parangtritis, Yogyakarta.

Pantai ini berada di Desa Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pamor dari pantai ini sudah cukup terkenal sejak dulu. Salah satu hal yang menarik perhatian adalah karena pemandangan alamnya yang indah.

Siapa sangka ternyata pantai ini memiliki gelombang air laut yang cocok untuk kegiatan berselancar. Datanglah ke Parangtritis disini Anda bisa menguji kemampuan menaklukkan ombak.

Menjadi Tempat Kompetisi Surfing Nasional

Pantai parangtritis sebagai tempat selancar bukanlah sebuah omong kosong semata. Nyatanya pada beberapa waktu lalu diadakan kompetisi surging perdana di Pantai Parangtritis.

Kompetisi tersebut bertajuk Parangtritis National Surfing Competition. Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menggelar kompetisi ini bersama dengan Tim SAR Kabupaten Bantul, POLAIRUD, Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Dolphin Parangtritis Surf Club, dan Ndo Boss Eksploring Parangtritis.

Tujuan diselenggarakannya kompetisi ini tidak lain untuk menghilangkan anggapan bahwa Pantai Parangtritis itu berbahaya. Sehingga, nantinya akan lebih banyak wisatawan yang datang.

Sebanyak 80 peserta mengikuti kompetisi ini dan terbagi menjadi ke dalam tiga kategori, yaitu peserta umum peserta wanita, dan peserta lokal. Lomba surfing di Pantai Parangtritis berlangsung selama dua hari, yakni 11 hingga 12 April 2019.

Tips Surfing di Parangtritis

Apabila Anda baru akan mencoba berselancar, maka tentunya tidak bisa langsung turun ke pantai begitu saja. Karena jika itu terjadi, maka akan sangat berbahaya.

Untuk Anda yang masih pemula, maka bisa mencoba bergabung ke dalam Dolphin Parangtritis Surf Community atau DPSC. Mereka akan dengan senang hati mendapat teman baru yang tertarik dengan kegiatan berselancar di Pantai Parangtritis.

Dengan ini, maka Anda bisa melakukan surfing tanpa harus pergi jauh-jauh ke Bali atau bahkan luar negeri. Anda dapat menghemat budget, apalagi jika memang sudah berdomisili di Yogyakarta.

Keuntungan dari surfing di Pantai Parangtritis adalah tiket masuknya yang sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang dan biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil atau kendaraan roda empat.